Kamis, 12 Oktober 2017

PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS

SISWA KELAS I, II, DAN III KUNJUNGI MUSEUM HM SOEHARTO


Bantul—Kegiatan pembelajaran tidak selamanya di dalam kelas dan selalu berkutat dengan buku. Adakalanya pembelajaran dilakukan di luar kelas mengunjungi tempat tertentu yang tentu saja berkaitan dengan pendidikan. Dengan semangat Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) sekaligus didukung oleh Dinas Kebudayaan DIY melalui program Wajib Kunjung Museum (WKM) pada hari Kamis (12/10) sebanyak 234 peserta yang terdiri dari siswa kelas I-III, guru pendamping, dan mahasiswa PPL Sanata Dharma melakukan kegiatan kunjungan museum yang ada di wilayah Yogyakarta


Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.00 sampai dengan 14.00 tersebut mengambil lokasi tujuan Museum Benteng Vredeburg yang ada di tengah kota Jogja dan Museum Soeharto yang berlokasi di desa Kemusuk, Argomulyo, Bantul. Dalam pelaksanannya kegiatan tersebut sedikitnya menggunakan 7 buah bus sedang dan 1 kendaraan pribadi. Kegiatan yang awalnya mengambil tujuan Kebun Binatang Gembiraloka dan Museum Bahari sempat terhambat dikarenakan ada informasi bahwa pada bulan Oktober Kebun Binatang Gembiraloka tidak dapat menerima kunjungan WKM. Selain itu lokasi Museum Bahari yang tidak memungkinkan untuk menampung peserta yang cukup banyak. Sehingga setelah benegoisasi dengan pihak Dinas Kebudayaan selaku penyelenggara program WKM akhirnya memutuskan untuk mengunjungi kedua lokasi di atas.

Kegiatan pembelajaran di luar kelas melalui program WKM kali ini sedikit berbeda dengan kegiatan serupa pada periode sebelumnya. Hal ini dikarenakan program tersebut bersifat mandiri dalam hal pembiayaan. Tidak seperti pada WKM yang lalu dimana semua fasilitas disediakan oleh DInas Kebudayaan DIY untuk kali ini hanya disediakan tiket masuk ke lokasi museum saja. Sedangkan untuk transportasi dan lain sebagainya diusahakan mandiri oleh sekolah. Namun demikian atas kerjasama yang baik antara pihak sekolah, Dinas Kebudayaan DIY dan tentunya orang tua wali murid acara dapat berjalan dengan lancar.(red)














Tidak ada komentar:

Posting Komentar