Sabtu, 29 April 2017

Kartini di Candi Sari

 Foto Sdn DePok Satu.

DEPOK--SDN Depok 1 mengadakan kegiatan dalam rangka peringatan Hari Kartini yang di laksanakan pada hari Kamis tanggal 27 April 2017. Selain peringatan Hari Kartini kegiatan tersebut juga dilaksakan untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Sleman yang ke 101 yaang jatuh pada tanggal 15 Mei 2017. Kegiatan tersebut bertempat di Candi Sari yang terletak di dusun Bendan, Tirtomartani, Kalasan, Sleman.Menurut Bapak Hidayat selaku ketua panitia menyatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan sekolah. Adapun pemilihan lokasi candi sebagai tempat kegiatan dengan alasan agar siswa lebih mengenal peninggalan sejarah yang ada di kabupaten Sleman khususnya yang berbentuk candi. 

Foto Sdn DePok Satu.

Kegiatan peringatan tersebut meliputi pawai baju adat, upacara bendera, lomba fashion show pakaian adat jawa khususnya gagrag Ngayogyakarta, dan pengenalan cagar budaya candi Sari yangmana jarang terekpos seperti candi-candi lainnya. Untuk menuju lokasi candi menggunakan alat angkut berupa kereta mini. Tak kurang 10 kereta digunakan untuk mengangkut 371 siswa beserta guru menuju lokasi candi Sari. Partisipasi orang tua siswa dapat dilihat dari antusiasme mereka dalam mendandani putra/putrinya sejak subuh agar dapat menghadirkan penampilan yang maksimal. Tak hanya itu, beberapa orangtua/wali siswa juga mendatangi lokasi untuk sekedar melihat kegiatan peringatan Hari Kartini tersebut.

Foto Sdn DePok Satu. 
Foto Sdn DePok Satu. Foto Sdn DePok Satu. 
Foto Sdn DePok Satu. Foto Sdn DePok Satu. 
Foto Sdn DePok Satu. Foto Sdn DePok Satu. 
Foto Sdn DePok Satu. 
"HABIS GELAP TERBITLAH TERANG" seakan sebagai pengobar semangat bagi kaum wanita kala itu untuk bangkit agar memiliki kesetaraan dengan kaum pria. Tak lagi dipandang sebagai "Kanca Wingking" yang seolah-olah kaum wanita menjadi bagian yang tidak penting namun kini telah berubah. Wanita punya wibawa, wanita bebas mengenyam pendidikan tinggi namun tidak melampaui kodratnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar