Kamis, 15 Agustus 2019

Kegiatan Rutin Dua Tahunan, SD Negeri Depok 1 Kembali Sembelih Hewan Kurban Sehari Pasca Idul Adha



Depok-Hari Raya Idul Adha pada tahun 1440 H jatuh pada hari Minggu tanggal 11 Agustus 2019. Sebagian besar umat Islam di seluruh nusantara serentak merayakan hari raya tersebut dengan melaksanakan salat ied secara berjamaah dan melakukan penyembelihan hewan kurban. Demikian pula dengan SD Negeri Depok 1 sebagai institusi pendidikan turut andil dalam perayaan hari raya Idul Adha 1440 H tersebut. Dengan mayoritas siswa yang beragama Islam melatarbelakangi pihak sekolah untuk menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban  yang dilaksanakan pada Senin (12/8)sebagai ajang untuk melatih dan mendidik siswa tentang berkurban.


Kegiatan penyembelihan hewan kurban di sekolah yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali pada tahun ini berhasil mengkurbankan satu ekor sapi yang merupakan hasil dari iuran para siswa. Penyembelihan hewan kurban dilakukan oleh salah seorang guru agama yakni Purwanto, S.Ag disaksikan oleh seluruh warga sekolah dan dilaksanakan tepat di halaman gedung timur SD Negeri Depok 1. Setelah proses penyembelihan selesai kemudian daging dari hewan kurban tersebut dipotong-potong untuk kemudian kembali dibagikan kepada seluruh siswa. Pada penyembelihan hewan kurban kali ini diperoleh sebanyak 365 paket dengan berat sekitar 300 gram per paketnya. 


Tak hanya kegiatan penyembelihan hewan kurban, pihak sekolah juga mengadakan kegiatan nonton film bersama (nobar-red). Film yang dipertontonkan pada kegiatan tersebut bercerita tentang Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dimana dalam film tersebut diceritakan tentang sejarah berkurban bagi umat Islam. Kegiatan nobar tersebut diikuti oleh seluruh siswa kelas I sampai dengan kelas IV dan bertempat di aula serbaguna. Dipandu oleh beberapa guru, kegiatan nobar tersebut berlangsung tertib sembari menunggu pengemasan hewan kurban selesai yang dilakukan oleh kakak kelas mereka yakni kelas V dan VI. Tepat pukul 11 siang beberapa paket hewan kurban sudah bisa dibagikan kepada siswa khususnya kelas I dan II dan menyusul kelas yang lainnya.


Harapan dari penyelenggaraan pemotongan hewan kurban di sekolah tersbut yakni agar para siswa memahami makna berkurban sekaligus mempraktekannya. Sehingga ketika mereka sudah dewasa dan mampu untuk berkurban maka setidaknya sudah memiliki bekal ilmu. Kendala yang dihadapi pada tahun ini relative tidak ada sehingga diharapkan pula pada tahun-tahun mendatang akan dapat melaksanakan hal serupa dan tentu saja dihrapkan ada peningkatan. Pihak sekolah juga menyampaikan rasa terimakasih kepada komite sekolah serta wali murid yang antusias berpatisipasi mensukseskan kegiatan tersebut.
Ketua Komite (Waskito Budi) turut andil dalam kegiatan pemotongan hewan kurban
Proses pemotongan daging menjadi bagian yang lebih kecil
Proses pengemasan daging kurban
Wujud toleransi antar umat beragama, guru kelas VIa (Lontaria Silitonga) ikut berpartisipasi meskipun non muslim


Tidak ada komentar:

Posting Komentar